header-daun_01 kayon_01
iklan logoUKM kayon_02
kayon_03
Selamat Datang di PESANTREN BUDAYA NUSANTARA

Mufti Wahabi Haramkan Sepak Bola

oleh: Rabak Atireb

       Seorang mufti Arab Saudi mengeluarkan fatwa larangan sepak bola untuk pemuda Muslim. Alasannya, karena permainan itu ditemukan oleh orang Yahudi yang kafir.

               Abdullah al-Najdi, sang mufti, menyarankan pemuda muslim untuk menghindari bermain sepak bola kecuali dalam kondisi tertentu saja. Jika pemuda Islam ingin bermain sepak bola, peraturan dari permainan harus diubah sehingga tidak menyerupai permainan orang kafir sebagaimana terjadi sekarang ini.

               Menurut Abdullah al-Najdi, berdasarkan ketentuannya, istilah 'foul', 'penalti', 'corner' dan 'out' tidak boleh digunakan dalam permainan sepak bola. Selanjutnya Al-Najdi mengatakan tim sepak bola tidak boleh 11 pemain. Harus lebih atau kurang.

               Pemain, lanjut dia, juga tidak boleh mengenakan seragam sepak bola, karena tidak sesuai dengan pemuda muslim. Pemain diharuskan menggunakan pakaian sehari-hari seperti ghamis, jubah, surban, sarung,  kafiyeh.

             Lebih lanjut, ia mengatakan tidak perlu adanya wasit dalam permainan, karena aturan sepak bola seperti 'foul' dan lainnya sudah ditiadakan. "Jika salah satu pemain mencetak gol, tak perlu memeluk rekannya. Tak perlu bersuka cita karena ini seperti yang dilakukan Amerika dan Prancis," tutur Al-Najdi.

             Jika salah seorang pemain merasa lelah, ia mengatakan tak perlu ada pemain pengganti. Kelelahan itu diatasi dengan mengganti posisi pemain.

            Wahabisme alias Salafisme adalah salah satu penafsiran Islam di Saudi yang bersifat tidak toleran. Mereka ada dan berkuasa setelah penemuan minyak di kerajaan Saudi pada 1938. Mereka menggunakan 'uang minyak' untuk memberi bantuan kepada mujahidin Afganistan, beberapa di antaranya kemudian bergabung dengan Taliban. abna.ir

2011-10-11
sumber: www.republika.co.id


script_end

..lebih lama
.:: WARTA BUDAYA - 8/17 ::.
lebih baru..

DAFTAR 10 ARTIKEL TERBARU KATEGORI WARTA BUDAYA
Free counters!
SEKRETARIAT:
Jl. Karya Timur IV/68 Malang 65122 Telp/Fax. 0341-416711
email: info@pesantrenbudaya.com

DEVELOPED from SCRATCH by AGUS WIDODO