header-daun_01 kayon_01
iklan logoUKM kayon_02
kayon_03
Selamat Datang di PESANTREN BUDAYA NUSANTARA

Brotowali - Inggu - Beluntas Jampi-Usada Yang Sudah Diuji Laboratorium

oleh: K Ng H Agus Sunyoto
         Kitab pengobatan kuno Kalimausada warisan leluhur yang berisi berjenis-jenis tanaman obat untuk mengobati berbagai penyakit menurut versi masyarakat kuno, ternyata bukan sekedar daftar nama tanaman obat yang dikaitkan dengan penyakit-penyakit tertentu secara spekulatif melainkan memang telah diuji berdasar pengalaman selama berpuluh-puluh tahun pada zamannya. Mbah Terkun Haji Reksa Husada yang menguji secara laboratoris jenis-jenis tanaman obat yang disebut kitab Kalimausada menemukan fakta bahwa jenis-jenis tanaman obat tersebut memang mengandung unsur-unsur kimia nabati yang bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit-penyakit tertentu. Sejumlah uji lab atas jenis-jenis tanaman obat yang dilakukan Mbah Terkun Haji Reksa Husada adalah sebagai berikut:

Brotowali
         Tanaman obat Brotowali  yang memiliki fungsi  penyembuh kuat adalah bagian batangnya, yang memiliki efektif untuk mengobati penyakit kulit, dengan cara ditumbuk lalu ditempelkan pada bagian kulit yang terluka. Tumbukan batang Brotowali juga baik digunakan untuk obat balur bagi anggota badan yang sakit akibat benturan atau kelelahan. Batang Brotowali juga efektif untuk mengobati rheumatik sendi pinggul (rheumatic Arthritis) dan memar-memar dengan direbus di periuk dari tanah lalu diberi gula batu dan diminum. :
           Jika menghadapi anak mengalami demam, batang Brotowali direbus dan diberi gula aren untuk minum, maka demam anak akan redah. Rebusan Brotowali dan gula aren bisa juga untuk meningkatkan rangsangan nafsu makan,.Bagi penderita Kencing Manis (diabetes mellitus), air rebusan batang Brotowali yang diberi gula aren sangat baik. Untuk hasil yang lebih efektif, rebusan batang Brotowali dicampur pisang kluthuk dan gula aren lalu diminum hangat-hangat.

Inggu
       Tanaman obat yang disebut Inggu ini yang memiliki fungsi paling kuat untuk pengobatan  adalah bagian daunnya. Dalam uji lab, daun Inggu memiliki fungsi untuk mengobati pusing kepala dengan  cara  direbus lalu airnya diminum.selain itu, daun Inggu juga bisa digunakan untuk fungsi desinfectant seperti air rebusannya diguanakn untuk mencucui luka dan menyembuhkan sakit kudis. Air rebusan Inggu sangat baik untuk mandi dan membersihkan wajah. Sedang fungsi analgetik Inggu ketika daunnya yang kering direbus dengan air dipakai untuk berkumur beberapa kali guna menghilangkan rasa sakit pada gigi yang sakit. Anak-anak yang mengalami demam dapat diminumi rebusan daun Inggu kering yang airnya disaring dan diminum. Bahkan air rebusan itu bisa mengurangi gejala masuk angin. Air rebusan Inggu juga baik untuk menghilangkan pegal-pegal
Sementara untuk mengobati sakit Lever daun Inggu 25 gram direbus dengan  15 gram brotowali dan 15 gram kunyit pada periuk dari tanah sampai airnya tinggal separuh. Minum air rebusan itu secara rutin tiga  kali sehari untuk menyembuhkan penyakit akibat gangguan pada lever (sakit kuning). Cara lain, setengah genggam daun inggu,direbus dengan tiga  gelas air sampai mendidih dan sisanya menjadi 1,5 gelas. Tambahkan gula  aren lalu diminum sehari 2 x ¾ gelas.

Beluntas
            Tanaman obat beluntas ini yang digunakan adalah daunnya yang memiliki fungsi utama  untuk menghilangkan bau badan. Semenjak lama masyarakat sudah tahu bahwa  daun beluntas digunakan sebagai jamu  untuk menghilangkan bau badan, biasanya digunakan sebagai lalapan. Selain itu, daun Beluntas juga bisa digunakan untuk  obat penurun panas, obat batuk, dan obat diare. Mengkonsumsi daun Beluntas sangat banyak manfaatnya. Sementara daun beluntas yang telah direbus sangat baik untuk mengobati sakit kulit, baik dengan cara dibalurkan maupun dengan cara dibuat mandi.
2011-11-15
sumber: Kitab Kalimausadi, Apoteker - Tjoa Sing Hak


script_end

..lebih lama
.:: JAMPI USADA - 10/14 ::.
lebih baru..

DAFTAR 10 ARTIKEL TERBARU KATEGORI JAMPI USADA
Free counters!
SEKRETARIAT:
Jl. Karya Timur IV/68 Malang 65122 Telp/Fax. 0341-416711
email: info@pesantrenbudaya.com

DEVELOPED from SCRATCH by AGUS WIDODO