header-daun_01 kayon_01
iklan logoUKM kayon_02
kayon_03
Selamat Datang di PESANTREN BUDAYA NUSANTARA

George William Lamming

oleh: Anisa Zuhria Sugeha & Andre Widhi S

            George William Lamming lahir pada 8 Juni 1927 di desa Carrington, Barbados, dari percampuran orang tua asal Afrika dan Inggris. Namun, kedua orang tuanya berpisah dan ibunya memutuskan untuk menikah lagi. Setelah ibunya menikahi ayah tirinya, Lamming membagi waktunya antara  tempat kelahiran dan rumah ayah tirinya di St David's Village. Lamming menghadiri sekolah Roebuck Boys  dan mendapat beasiswa di Combermere. Didorong oleh gurunya, Frank Collymore, Lamming menemukan dunia buku dan mulai menulis.
          Sebelum pindah ke Inggris, ia bekerja dari 1946 hingga 1950 sebagai guru di El Colegio de Venezuela, sebuah sekolah asrama untuk anak laki-laki di Port of Spain, Trinidad. Ia kemudian pindah ke Inggris yang mana, untuk waktu yang singkat, ia bekerja di sebuah pabrik. Pada tahun 1951, ia menjadi penyiar untuk layanan kolonial BBC. Tulisannya telah diterbitkan di majalah Bim Barbados, disunting oleh gurunya, Frank Collymore, dan serial radio BBC Karibia Voice menyiarkan puisi-puisi dan prosa pendeknya. Lamming sendiri membacakan puisi di radio Karibia Voice, termasuk beberapa oleh Derek Walcott muda.
            Novel pertama Lamming, in the Castle of My Skin, diterbitkan di London pada tahun 1953. Ia memenangkan penghargaan Maugham Somerset dan diperjuangkan oleh tokoh terkemuka seperti Jean-Paul Sartre dan Richard Wright. Kemudian menulis pengantar buku untuk Amerika Serikat. Lamming kemudian dianugerahi penghargaan Guggenheim Fellowship dan menjadi penulis profesional. Ia mulai melakukan perjalanan secara luas, pergi ke Amerika Serikat pada tahun 1955, Hindia Barat pada tahun 1956 dan Afrika Barat pada tahun 1958.
          Ia memasuki akademisi pada tahun 1967 sebagai penulis dan dosen di pusat seni kreatif dan Departemen Pendidikan di Universitas Hindia Barat, Kingston (1967-1968). Sejak itu, ia telah menjadi profesor di Amerika Serikat , di University of Texas di Austin, University of Pennsylvania, dan Universitas Brown, dan dosen di Denmark, Tanzania, dan Australia.
            Pada bulan Mei 2011 Persatuan Nasional Penulis dan Seniman Kuba (UNEAC), menganugerahinya penghargaan  Karibia Hibiscus dalam pengakuan dari karyanya seumur hidup. Pada bulan April 2012, ia adalah ketua hakim untuk OCM Bocas Prize for Caribbean Literature.
Adapun karya-karya Lamming antara lain sbb:
In the Castle of My Skin (London: Michael Joseph; New York: McGraw-Hill, 1953)
The Emigrants (London: Michael Joseph; New York: McGraw Hill, 1954. London: Allison & Busby, 1980)
Of Age and Innocence (London: Michael Joseph, 1958; London: Allison & Busby, 1981)
Season of Adventure (London: Michael Joseph, 1960; Allison & Busby, 1979; Ann Arbor: University of Michigan Press, 1999)
The Pleasures of Exile (London: Michael Joseph, 1960; Allison & Busby, 1981; Ann Arbor: University of Michigan Press, 1992)
Water with Berries (London: Longman, 1971; New York: Holt Rinehart, 1972)
Natives of my Person (London: Longman; New York: Holt Rinehart, 1972. London: Allison & Busby, 1986)
Coming, Coming Home: Conversations II - Western Education and the Caribbean Intellectual (Philipsburg, St. Martin: House of Nehesi, 1995, 2000)
Sovereignty of the Imagination: Conversations III - Language and the Politics of Ethnicity (2009).
Editor, Cannon Shot and Glass Beads: Modern Black Writing (London: Pan, 1974).
Editor, On the Canvas of the World (Port of Spain: Trinidad & Tobago Institute of the West Indies, 1999.
Caribbean Reasonings - The George Lamming Reader: The Aesthetics of Decolonisation, edited by Anthony Bogues, Ian Randle Publishers, 2010.
Lamming merupakan seseorang yang terpandang saat itu.

Selain karyanya banyak, dia pun mendapat berbagai penghargaan di antaranya :
1954: Kenyon Review Fellowship
1955: Guggenheim Fellowship
1962: Canada Council fellowship
1987: Companion of Honour of Barbados (CHB)
1998: Langston Hughes Medal
2003: Fellow of the Institute of Jamaica (IOJ)
2008: Order of the Caribbean Community
2009: The President's Award (St. Martin Book Fair)
2011: Caribbean Hibiscus Prize
2012: ALBA Cultural Award
          George Lamming merupakan salah satu tokoh dalam kajian poskolonial di bidang sastra. Poskolonial sebagai sebuah kajian muncul pada 1970-an. Studi poskolonial di Barat salah satunya ditandai dengan kemunculan buku Orientalisme (1978) karya Edward W Said yang kemudian disusul dengan sejumlah buku lainnya yang masih terkait dengan perspektif Barat dalam memandang Timur. Teori poskolonial itu sendiri merupakan sebuah seperangkat teori dalam bidang filsafat, film, sastra, dan bidang-bidang lain yang mengkaji legalitas budaya yang terkait dengan peran kolonial. Bidang ini bukanlah menjadi monopoli kajian sastra. Poskolonial mirip dengan kajian feminisme yang meliputi bidang kajian humaniora yang lebih luas sejajar dengan kajian posmodern atau postrukturalisme. Dalam bidang sastra, teori poskolonial merupakan salah satu dari serangkaian munculnya kajian atau teori setelah kemapanan teori strukturalisme mulai dipertanyakan. Seperti telah diketahui oleh umum bahwa dalam sejarahnya teori sastra yang mula-mula yaitu teori mimesis pada zaman Plato di Yunani Kuno. Perkembangan berikutnya yaitu teori pragmatis pada zaman Horace dari Romawi abad ke-4 yang disusul dengan teori yang berorientasi pada ekspresionisme pada abad ke-19. Pada abad ke-20 teori-teori yang berorientasi pada strukturalisme mendominasi kajian sastra. Pada paruh abad ke-20, teori-teori strukturalisme yang mendasarkan kajiannya hanya sebatas objek sastra itu telah mencapai puncaknya. Perkembangan teori sastra selanjutnya, berputar haluan dan dalam kecepatan yang luar biasa memunculkan sejumlah teori-teori yang seringkali satu sama lain saling berseberangan dan saling mengisi.
              Pada tahun 1970-an Lamming memiliki hubungan dekat dengan Barbados Workes Union. Namun, ia tidak pernah bergabung dengan organisasi politik, dan gagal usahanya untuk bergabung dengan Partai Komunis di Inggris pada tahun 1950. "Tapi sejarah kerja, seperti yang diceritakan oleh kekuatan tenaga kerja, tidak sangat menonjol dalam teks-teks resmi sejarah," telah Lamming katakan, "Saya tidak tahu  apakah sarjana sastra membuat sambungan, tapi salah satu fungsi dari novel di Caribia adalah untuk melayani sebagai bentuk sejarah sosial." Dia menulis kata pengantar untuk Sejarah Rakyat Pekerja  Guyana, 1881-1905 oleh Walter Rodney, pemimpin yang  Aliansi Rakyat Pekerja  Guyana, yang tewas pada tahun 1980 ketika pemerintah sedang bersiap untuk membawanya ke pengadilan untuk kegiatan politiknya. Percakapan, kumpulan esai, alamat dan wawancara, keluar pada tahun 1992.
           Bahasa menurut Lamming adalah penyayang dan intens, penuh gambar liris. Dalam dialog ia telah menggunakan secara ekstensif bahasa Creole. Imigran India Barat Lamming berulang kali menghadapi prasangka ketika  menjadi warga baru  di Inggris. Kadang-kadang penolakan terjadi keras sekali seperti dalam cerpen "Sebuah Pernikahan Musim Gugur", di mana saudaranya tidak menerima bahwa kakaknya menikahi wanita Inggris kulit putih, yang tertuang dalam plot cerita sebuah  pernikahan. "Ini bukan kehendak Tuhan menggabungkan saudara saya Wid dengan wanita Inggris berhidung elang." .   
           "Ini kegembiraannya yang bodoh," kata orang tua pengantin wanita yang menolak untuk menghadiri acara tersebut.
           Ketika Beresford, saudaranya, tiba dengan temannya ke gereja dengan  sepeda bukannya naik limusin,  adiknya Flo segera  membatalkan pernikahan, dia menyadari bahwa dia tidak bisa dipermalukan sebelum kerumunan orang mulai menganggur dan berkasak-kusuk di luar gereja. Pernikahan telah kehilangan makna penting baginya. Pernikahan menjadi sepele dibandingkan dengan aib yang harus ditanggungnya.
           Pendeta berteriak, "Bagaimana perkawinan ini?"
           "Itu tidak penting," kata Flo. "Kau saja 'pergi menikahi adikku."

Anisa Zuhria Sugeha & Andre Widhi S, mahasiswa Program Studi sastra Inggris FIB Universitas Brawijaya


2013-01-11
sumber: Pesantrenbudaya.blogspot.com


script_end

..lebih lama
.:: SASTRA LISAN - 11/12 ::.
lebih baru..

DAFTAR 10 ARTIKEL TERBARU KATEGORI SASTRA LISAN
Free counters!
SEKRETARIAT:
Jl. Karya Timur IV/68 Malang 65122 Telp/Fax. 0341-416711
email: info@pesantrenbudaya.com

DEVELOPED from SCRATCH by AGUS WIDODO